Persiapan Menuju Hari Pernikahan

Persiapan Menuju Hari Pernikahan

Persiapan Menuju Hari Pernikahan by Purnama Souvenir.

Persiapan Lahir terkait hal teknis-materiil. Merencanakan datail rangkaian acara pernikahan dengan sebaik-baiknya.

Apa saja yang dipersiapkan?

Persiapan Menuju Hari Pernikahan

Cheklist berikut ini bisa jadi pertimbangan untuk Anda merencanakan acara pernikahan:

Menentukan Tanggal Pernikahan.

(Dari deskripsi kategori sebelumnya Persiapan Pernikahan).

Persiapan Pernikahan adalah hal yang sangat penting diperhatikan. Persiapan pernikahan setidaknya kita lihat secara lahir dan batin.

Persiapan secara batin, berhubungan dengan kesiapan kedua mempelai, keluarga kedua mempelai, dll.

Sementara persiapan lahir adalah semua hal yang terkait secara fisik, material, dll.

Topik (rencana):
checklist persiapan pernikahan
daftar persiapan pernikahan
tahapan persiapan pernikahan
persiapan pernikahan dalam islam
persiapan pernikahan sederhana
persiapan pernikahan islami
persiapan pernikahan bagi wanita
persiapan malam pertama

Similar Topic:
Persiapan Batin, Persiapan Lahir
Wedding Website (Website Layanan Pernikahan)
Inspiration (Vendor – Article)
Checklist (daftar persiapan pernikahan)
Budget (Anggaran Biaya Pernikahan)
Guestlist (Daftar Tamu)
Online Invitation (Undangan Pernikahan Online)

Tanggal Pernikahan, Bagaimana Menentukannya?

Tanggal Pernikahan, Bagaimana Menentukannya?

Tanggal Pernikahan, Hari Baik Pernikahan, Hari pemberkatan, Tanggal Akad Nikah, Tanggal Resepsi, bagaimana menentukannya?

Persiapan Pernikahan Series: Berikutnya yang harus dilakukan dalam persiapan pernikahan yaitu menentukan tanggal pernikahan Anda.

Saat tanggal pernikahan sudah ditetapkan, Anda dapat lebih bersemangat dalam menyiapkan hal lainnya.

Namun ada yang harus perlu Anda sadari sebelumnya, dalam menentukan tanggal pernikahan seringkali dibubuhi perdebatan. Entah itu antara Anda dan pasangan, bahkan dengan anggota keluarga masing-masing. Ingatlah bahwa ini hal yang wajar dan rileks saja menghadapinya.

Apapaun yang bakal tersaji di sana, anggap itu sebagai perhatian khusus bagi pernikahan Anda dari keluarga. Tetaplah fokus pada keberlanjutan Anda menjalin pernikahan dengan pasangan Anda.

Haruskah menentukan Hari Baik Pernikahan?

Atau, benarkah ada hari tidak baik?

Tentu hal ini akan menjadi bermacam-macam cara melihatnya. Tak jarang hari baik berkaitan dengan keyakinan tertentu. Keyakinan pada masing-masing pihak yang akan menjalani atau terlibat dalam suatu rangkaian pernikahan. Kedua calon mempelai dan pihak keluarga besar kedua mempelai.

Pada beberapa kejadian, menentukan tanggal pernikahan tidak asal tunjuk atau sembarangan. Ada perhitungan-perhitungan tertentu dalam memilih tanggal dan hari yang baik sesuai adat dimana kepercayaan tempat kedua mempelai berada.

Menentukan hari pernikahan seringkali, namun tidak semua, ada kaitannya dengan keyakinan atau adat tertentu yang dianut, utamanya oleh keluarga besar. Dalam situasi tertentu keluarga mungkin cukup dengan pedoman Agama, namun tak jarang juga keluarga mempertimbangkan adat yang berlaku di mana keluarga bermukim.

Dalam adat Jawa misalnya, ada perhitungan tanggal atau hari tertentu berdasarkan weton (hari lahir) yang ini berlaku juga dalam menentukan hari pernikahan.

Dalam adat lain pun tentu akan berbeda perhitungannya.

Di lingkungan perkotaan yang modern, mungkin pertimbangan perhitungan tersebut mulai banyak ditinggalkan.

Keyakinan yang berbeda secara agama atau adat istiadat, tak jarang, tak dapat terhindarkan dalam menentukan hari tanggal pernikahan. Walaupun untuk kedua calon mempelai mungkin tidak terlalu ambil pusing dalam hal ini.

Keyakinan agak mustahil ditawar, namun masih ada kemungkinan situasi tetap menjadi harmonis dengan sikap Anda untuk Menghormatinya. Sepanjang Agama yang Anda dan Pasangan Anda anut sama, semua perbedaan masih bisa diatasi.

Menentukan Tanggal Pernikahan, Bagaimana caranya?

Nah untuk Anda calon pengantin, alanghkah lebih baiknya juga mempertimbangkan hal dan teknis lain terkait tanggal atau hari pernikahan.

Agar pernikahan semakin berkesan, coba cari tanggal Tanggal Cantik terdekat. 16-06-2016 / 16 Juni 2016 misalnya, bisa kita sebut sebagai rangkaian angka cantik. Atau pilih moment spesial. Misal tanggal jadian, atau tanggal ulang tahun Anda atau pasangan.

Bisa juga Anda menentukan hari pernikahan agar bersamaan dengan hari-hari besar tertentu agar kelak lebih mudah mengingat moment pernikahan. Bertepatan dengan hari Valentine, bersamaan dengan tanggal kemerdekaan, dst.

Dalam tradisi masyarakat Islam dalam contoh lain, tak jarang acara akad nikah dilangsungkan pada bulan-bulan besar, misalnya menikah di Bulan Suci Ramadhan. Atau kita bisa mengikuti bulan-bulan yang ramai pernikahan, misalnya bulan Syawal.  Momen sekitar (pasca) Idul Fitri banyak dimanfaatkan untuk melangsungkan pernikahan. Jika Anda seorang Muslim, ini bisa dipertimbangkan.

Di luar hal di atas, beberapa poin di bawah ini bisa jadi pertimbangan teknis Anda dalam menentukan tanggal pernikahan:

  1. Hari atau tanggal libur atau tanggal merah juga bisa Anda gunakan untuk melangsungkan Resepsi Pernikahan. Akan lebih bagus apabila hari libur tersebut jatuh pada hari kerja. Biasanya harga vendor, gedung misalnya bisa jauh lebih hemat. Akan tetapi Anda harus menghindari hari libur nasional yang panjang. Di liburan semacam itu, biasanya orang yang akan mengambil cuti untuk rekerasi, bepergian jauh atau liburan.
  2. Hindari juga tanggal dan hari yang sama dimana ada kerabat atau keluarga Anda yang mempunyai acara besar lain. Ini agar pernikahan Anda lebih diprioritaskan oleh keluarga besar.
  3. Pilihlah tanggal atau hari di mana tugas atau pekerjaan kantor Anda dan pasangan tidak terlalu banyak.
  4. Pertimbangkan musim dan cuaca di daerah, ini penting jika Anda dan pasangan memilih lokasi di luar ruangan untuk acara pernikahan.

Komunikasi Antar Keluarga Besar

Menentukan hari pernikahan, terpenting adalah dicari jalan tengahnya bersama keluarga kedua belah pihak. Saling menghormati prinsip masing-masing keluarga agar kemudian tak menimbulkan problem dapat mengganggu inti tujuan pernikahan.

Menikah adalah hal yang sakral. Menikah adalah berkomitmen tidak hanya kepada sesama manusia (pasangan), namun juga disaksikan oleh Tuhan. []

Checklist Persiapan Pernikahan

Checklist Persiapan Pernikahan

12 – 11 Bulan Sebelumnya

  • Tentukan tanggal pernikahan
  • Tentukan besar budget bagi tiap vendor
  • Tentukan jumlah tamu!
  • Segera pesan tempat & bayar DP
  • Mulai memikirkan tema Anda. Suka yang klasik? Atau pengikut trend? Ikuti pameran-pameran bridal dan baca majalah-majalah wedding untuk menambah wawasan Browse City By City Collections untuk koleksi & tren terbaru serta info pameran
    Tips:
    – langkah pertama yang paling mudah adalah: pilih warna yang Anda suka, dan hubungkan setiap detail agar sama atau serasi dengan warna tersebut
    – jangan lupa untuk senantiasa berkonsultasi dengan para orang tua, terutama yang bersangkutan dengan upacara / acara adat
  • Pertimbangkan kebutuhan akan Wedding Organizer. Bila Anda memiliki saudara / teman baik yang kompak & punya banyak waktu luang, mungkin Anda tak harus menyewa WO, tapi bila tak punya banyak waktu luang & ingin penanganan yang lebih profesional, WO adalah solusi yang tepat

10 – 9 Bulan Sebelumnya

  • Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai vendor Anda
    Tips: join discussion forum untuk saling berbagi pengalaman dan bertanya dengan rekan sesama calon pengantin dari seluruh penjuru dunia!
  • Segera tentukan model gaun pengantin yang Anda inginkan, berikut aksesori dan sepatu
  • Tentukan model dan bahan yang akan dipakai oleh ibu & ibu mertua
  • Tentukan model jas pengantin untuk pria
  • Pastikan dokumen-dokumen penting untuk melengkapi syarat-syarat pembuatan akta pernikahan sudah lengkap dan tidak bermasalah, baik secara agama maupun legal (KUA atau catatan sipil)
  • Tentukan siapa yang akan menjadi pengesah pernikahan Anda (Pemuka agama)

8 – 7 Bulan Sebelumnya

  • Mulailah meminta vendor dekorasi Anda membuat sketsa dekorasi
  • Pesan gaun pengantin yang diinginkan
  • Pesan keperluan dokumentasi: foto pre-wedding, studio, liputan, candid, dan video
  • Pesan kue pengantin, jangan berpatokan pada bentuknya saja, lakukan test cake untuk memastikan rasanya Tips : sesuaikan dengan warna nuansa acara secara keseluruhan
  • Pesan jas pengantin pria
  • Tips:
    – pelajari baik-baik cara kerja para vendor dan komunikasikan keinginan Anda sedetail mungkin, dengan tetap mendengarkan masukan mereka yang sudah berpengalaman
    – pastikan Anda mendapat keterangan secara tertulis mengenai segala detail yang Anda perlukan untuk menghindari kealpaan & kesalahpahaman di kemudian hari
  • Mulailah merawat tubuh dan wajah. Lakukan diet sehat serta facial secara teratur

6 – 5 Bulan Sebelumnya

  • Pesan cincin pernikahan Anda
  • Susun daftar tamu dari pasangan, kerabat dan orang tua kedua belah pihak
  • Pesan souvenir yang akan diberikan untuk tamu-tamu Anda
  • Bentuk panitia keluarga untuk menentukan kepentingan masing-masing orang dan sebagai support mempersiapkan berbagai kesibukan
  • Tentukan model dan bahan seragam panitia yang akan dipakai
  • Susunlah acara, jenis musik, penyanyi, hiburan dan Master of Ceremony yang akan mengisi acara pernikahan Anda
  • Susun daftar menu yang diinginkan, tentukan vendor dan lakukan test food, agar Anda dapat lebih leluasa menentukan menu yang berubah atau ditambahkan
  • Tetapkan sketsa dekorasi yang akan Anda pakai, dan bicarakan ekstra dekorasi untuk kamar pengantin Anda
  • Konfirmasi ulang semua vendor terkait untuk tugas yang akan mereka kerjakan

4 – 3 Bulan Sebelumnya

  • Hubungi pihak catatan sipil/KUA sekaligus memastikan dokumen-dokumen apa saja yg diperlukan, dan beritahukan tanggal pemberkatan kita
  • Lakukan tes kesehatan pra nikah sesuai dengan persetujuan bersama
  • Pesan kartu undangan! Jangan lupa meminta 1 contoh untuk memastikan kerapihan & agar desain betul-betul sesuai dengan keinginan Anda & pasangan
  • Aturlah kendaraan yang dibutuhkan tamu dari luar kota
  • Mengepas busana pengantin yang akan anda pakai
    Tips: jangan tahan nafas dan usahakan senyaman mungkin! Tentukan juga sepatu dan aksesorinya
  • Ajak panitia keluarga dan orang tua mengukur badan untuk seragam yang akan mereka kenakan
  • Ambil pesanan cincin pernikahan Anda
  • Beli perlengkapan seserahan atau barang-barang yang akan dipakai dalam upacara adat dan sebagainya
  • Siapkan dokumen-dokumen penting untuk honeymoon jika Anda berencana berbulan madu ke luar negeri
  • Tentukan siapa yang akan menjadi pendamping pengantin wanita maupun pria

2 Bulan Sebelumnya

  • Lakukan test make up dan hair do dengan penata rias dan bicarakan kekurangan atau model yang Anda inginkan
  • Lakukan foto pre-wedding Anda dan pasangan, sekaligus memesan standing frame untuk dipajang pada hari H
    Tips: untuk e siensi waktu, lakukan pengambilan foto setelah test make up
  • Buatlah daftar lagu yang anda inginkan untuk pesta pernikahan Anda, dan berikan pada bagian musik atau MC
  • Lakukan pengepasan gaun pengantin terakhir lengkap dengan aksesorisnya untuk memastikan tidak ada yang kurang atau salah
  • Ambil jas pengantin pria!
  • Hubungi florist untuk memesan hand bouquet (ingat nuansa warna pesta sebagai acuan)
  • Jika pesta pernikahan akan dilangsungkan secara sitting down party (makan di meja), mulailah menyusun pengaturan tempat duduk
  • Lakukan reservasi dan rencanakan bulan madu Anda
    Browse halaman honeymoon untuk info lengkap lokasi dan harga berbulan madu di dalam negeri
  • Tentukan siapa yang akan menjadi pengesah pernikahan Anda

1 Bulan Sebelumnya

  • Ambil pesanan kartu undangan dan mulai mengirimkannya
  • Konfirmasi pada tamu atau kerabat di luar kota apakah sudah menerima undangan
  • Adakan rapat panitia keluarga untuk mengkoordinasi masing-masing bagian tugas yang diambil, dan pastikan panitia sudah memiliki jadwal rundown acara
  • Recheck terakhir semua pesanan dari vendor yang terkait, pastikan tidak ada yang salah atau kurang
  • Recheck terakhir semua kelengkapan reservasi bulan madu Anda
  • Mulailah mengkonsumsi multivitamin dan perbanyak istirahat
  • Siapkan biaya tambahan untuk orang-orang yang membantu dalam acara tetapi tidak ada dalam daftar (supir, cleaning service, tukang parkir dsb)
  • Lakukan perawatan pre-wedding lengkap (lulur, spa, ratus, dsb)
  • Sewalah kendaraan untuk hari H segera agar Anda mendapatkan mobil dengan type dan warna sesuai dengan keinginan
  • Beli bingkisan ucapan terima kasih untuk orang yang banyak membantu Anda atau orangtua Anda

2 Minggu Sebelumnya

  • Tentukan orang yang akan bertanggung jawab membayar pembayaran tak terduga pada saat acara
  • Minta seorang teman untuk mengadakan pesta lajang jika Anda menginginkannya

7 Hari Sebelumnya

  • Lakukan gladi resik acara
  • Nikmati hari-hari lajang terakhir Anda, pergilah dengan teman dekat Anda tanpa pasangan
  • Siapkan lingerie untuk malam pertama 🙂
  • Siapkan pakaian yang Anda butuhkan untuk honeymoon jika seusai pesta Anda langsung berbulan madu
  • Cari waktu untuk menghilangkan stress dengan melakukan meditasi ringan, membaca buku, atau relaksasi dengan spa
  • Diskusi ringan dengan bridesmaid dan bestman mengenai tugas mereka dan atur bila ada hal-hal khusus yang Anda harapkan bantuannya dari mereka

1 Hari Sebelumnya

  • Minum suplemen dan berendam dengan air hangat
  • Cobalah untuk rileks dan istirahat lebih awal
  • Pikirkan hal-hal yang baik dan lucu mengenai Anda dan pasangan Anda 🙂

The Wedding Day

  • Smile to everyone!
    Anda adalah ratu sehari, jadi bagilah kebahagiaan Anda dengan semua orang
  • Berdoalah agar Anda bisa lebih rileks & agar acara berlangsung dengan baik
  • Jangan lupa untuk sarapan secukupnya
  • Lakukan semua urutan acara dengan tepat waktu
  • Ingatkan bestman tentang cincin pernikahan
  • Tips: jangan bawa HP, atau titip HP pada kerabat dekat Anda

After the Wedding

  • Kirimkan bunga, kue atau semua ucapan terima kasih bagi rekan kerja, panitia atau orang-orang yang membuat pesta pernikahan Anda tidak terlupakan
  • HONEYMOON!
  • Tips: bila ada masalah atau hal-hal yang tak sesuai rencana / perjanjian dengan vendor terjadi pada hari H, cobalah menyelesaikan dengan kepala dingin dan jangan ragu untuk meminta kompensasi yang sepadan dengan vendor tersebut. Vendor yang profesional biasanya menyetujui, karena hal ini adalah hak konsumen. Tapi janganlah kesal berlarut-larut, ingatlah yang terpenting Anda sudah menikah dengan pasangan impian Anda!
Pernikahan dalam Islam

Pernikahan dalam Islam

Pernikahan dalam Islam. Pernikahan atau nikah artinya adalah terkumpul dan menyatu. Menurut istilah lain juga dapat berarti Ijab Qobul (akad nikah) yang mengharuskan perhubungan antara sepasang manusia yang diucapkan oleh kata-kata yang ditujukan untuk melanjutkan ke pernikahan, sesusai peraturan yang diwajibkan oleh Islam (Wikipedia).


Topik terkait : Pernikahan dan berbagai persiapannya.


Seputar Pernikahan Dalam Islam | article by Purnama Souvenir

Baca juga semua hal seputar pernikahan dalam pandangan Islam, di antaranya: tujuan pernikahan dalam islam, makalah pernikahan dalam islam, syarat pernikahan dalam islam, pernikahan dalam islam pdf, materi pernikahan dalam islam, hukum pernikahan dalam islam, hakikat pernikahan dalam Islam. []